KEPRAMUKAAN

KEPRAMUKAAN

I.  PENDAHULUAN

Pengertian kepramukaan sering sekali simpang siur,khususnya di kalangan para guru di sekolah-sekolah.Seringkali kepramukaan diartikan sebagai suatu pelajaran dan kadang-kadang diberi nilai dalam rapor.Apakah kepramukaan itu suatu ilmu yang harus dipelajari oleh anak-anak dan pemuda-pemuda ?

 

Untuk menjawab pertanyaan itu,mari kita perhatikan pernyataan Lord Baden Powell sebagai penemu kepramukaan yang dikemukakan dalam buku “B-P’s  Out Look”,sebagai berikut:

“ Kepramukaan bukanlah suatu ilmu yang harus dipelajari secara khusyuk,bukanlah pula merupakan suatu kumpulan ajaran-ajaran dan buku-buku teks.

Bukan ! Kepramukaan adalah suatu permainan yang menyenangkan di luar rumah dimana orang dewasa dan anak-anak pergi bersama mengadakan pengembaraan bagaikan kakak beradik,membina kesehatan dan kebahagiaan,ketrampilan dan kesediaan memberi pertolongan.”

 

Selama ini penggunaan istilah Gerakan Pramuka,Kepramukaan,dan Pramuka,masih rancu,tumpang tindih,sehingga terkesan terdapat pengaburan penegertian sebenarnya :

  • Gerakan Pramuka,adalah nama organisasi pendidikan di luar sekolah dan di luar keluarga yang menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan.
  • Kepramukaan adalah nama kegiatan anggota Gerakan Pramuka.
  • Pramuka adalah anggota Gerakan Pramuka yang terdiri dari anggota muda (S,G,T,D) dan anggota dewasa.

 

II.  FUNGSI KEPRAMUKAAN.

1.  Kepramukaan ialah proses pendidikan di luar sekolah dan di luar lingkungan keluarga dalam bentuk kegiatan menarik,menantang,menyenangkan,sehat,teratur,terarah,praktis yang dilakukan di alam terbuka dengan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan,yang sasaran akhirnya pendidikan watak,akhlak dan budi pekerti luhur.

 

2.   Kegiatan kepramukaan  mempunyai dua nilai,yaitu :

a.   Nilai formal,atau nilai pendidikannya yaitu pendidikan watak

  1. Nilai materiil,yaitu nilai kegunaan praktisnya.

 

3.   Kepramukaan sebagai suatu proses pendidikan mempunyai fungsi sebagai :

a.   Permainan (game) yang menarik,menyenangkan,dan menantang.,bagi peserta didik:

Sebagai permainan tidaklah berarti bahwa permainan yang tidak beraturan,atau main-main.Bermain bagi anak adalah dalam rangka membina dan mengembangkan pembentukan watak,budi pekerti luhur,kesehatan,dan ketrampilan,maka hendaknya ada unsur-unsur, antara lain :

  • Norma dan tujuan pendidikan,
  • Sehat,
  • Menyenangkan,
  • Menarik dan menantang,
  • Norma kemasyarakatan
  • Norma susila,norma agama
  • Disiplin,
  • Aturan dan tata tertib
  • Kegotong-royongan
  • Kesukarelaan
  • Bimbingan
  • Persaudaraan,
  • Alat
  • Metode
  • Pengorganisasian,
  • Kepemimpinan,
  • Penyesuaian mental phisik.

b.   Sebagai pengabdian,bagi Pembina dan Anggota Dewasa lainnya.

Dalam rangka untuk mencapai tujuan kepramukaan,dan suksesnya pengabdian anggota dewasa dibutuhkan adanya :

  • Ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa,
  • Keikhlasan dan kesukarelaan,
  • Dedikasi,
  • Mental,budi pekerti luhur,
  • Kejujuran dan sportifitas,
  • Sepi ing pamrih rame ing gawe
  • Tidak menjadikan kepramukaan sebagai sumber penghasilan,
  • Pengalaman,pengetahuan,kemahiran yang selalu dibina dan dikembangkan,
  • Penuh inisiatif dan kreatif
  • Penghayatan sikap among,
  • Rasa persaudaraan,
  • Kepemimpinan yang demokratis,
  • Memahami ,bakat,minat,kebutuhan,kondisi,situasi anak dan pemuda(peserta didik) serta masyarakat.
  • Kebijaksanaan,
  • Penghayatan prinsip-prinsip berorganisasi,
  • Pemahaman maksud,tujuan dan prinsip-prinsip yang mendasari kepramukaan.

 

  1. Sebagai alat masyarakat dalam pembinaan dan pengembangan generasi muda.

 

III. SIFAT KEPRAMUKAAN.

1. Nasional   : Penyelenggaraan pendidikan kepramukaan di suatu negara haruslah  dimaksudkan untuk kepentingan negara yang bersangkutan

2.  Internasional :  Dalam kepramukaan dikembangkan rasa persaudaraan dan persahabatan antar sesama pramuka di dunia,dengan sasaran akhir terciptanya perdamaian dunia.

3.   Universal        :   Semua organisasi kepramukaan di dunia menggunakan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan,yang merupakan cirri khasnya.

 

Kepramukaan dalam kegiatan haruslah memperhatikan 3 pilar kepramukaan,ialah :

1.  Asas Modern    :  selalu mengikuti perkembangan

2.  Asas Manfaat   :  kegiatan kepramukaan haruslah memperhatikan manfaatnya bagi pesdik

3.  Asas Taat         :  pramuka  harus  taat  pada  kode kehormatan, yang  akan mengembangkan

watak.

 

Dalam kegiatan kepramukaan selalu terjalin 5 (lima) unsur terpadu,ialah :

1.      Prinsip Dasar Kepramukaan

Prinsip Kepramukaan tsb adalah :

a.       Iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

b.      Peduli terhadap bangsa dan tanah air,sesame hidup dan alam seisinya.

c.       Peduli terhadap diri pribadinya.

d.      Taat kepada Kode Kehormatan Pramuka

2.      Metode Kepramukaan

Metode Kepramukaan merupakan cara belajar interaktif progresif melalui:

a.       Pengamalan Kode Kehormatan Pramuka

b.      Belajar sambil melakukan

c.       Sistem berkelomp[ok

d.      Kegiatan yang menantang dan meningkat serta mengandung pendidikan yang sesuai dengan perkembangan rohani dan jasmani anggota muda dan anggota dewasa muda.

e.       Kegiatan di alam terbuka.

f.        Sistem tanda kecakapan.

g.       Sistem satuan terpisah untuk putera dan untuk puteri.

h.       Kiasan Dasar.

3.      Kode Kehormatan Pramuka.

Kode Kehormatan Pramuka dalam bentuk Janji yang disebut Satya adalah :

a.       Janji yang diucapkan secara sukarela

b.      Tindakan pribadi untuk mengikat diri secara sukarela menerapkan dan mengamalkan janji.

c.       Titik tolak memasuki proses pendidikan sendiri guna mengembangkan visi,mental,moral,ranah spiritual,emosional,sosial,intelektual dan fisiknya,baik sebagai pribadi maupung anggota masyarakat.

 

Kode Kehormatan Pramuka dalam bentuk Ketentuan Moral disebut Darma adalah :

a.       Alat proses pendidikan sendiri yang progresif untuk mengembangkan budi pekerti luhur.

b.      Upaya memberi pengalaman praktis yang mendorong anggota Gerakan Pramuka untuk menemukan,menghayati,nematuhi sistem yang dimiliki masyarakat.

c.       Landasan gerak Gerakan Pramuka untuk mencapai tujuan pendidikan melalui kegiatan kepramuakaan.

d.      Kode Etik Organisasi dan satuan Pramuka.

 

Kode Kehormatan Pramuka bagi anggota Gerakan Pramuka disesuaikan dengan golongan usia dan perkembangan rohani jasmaninya,yaitu:

a)      Kode Kehormatan bagi Pramuka Siaga terdiri atas:

Janji yang disebut Dwisatya,berbunyi sbb:

Dwi Satya

Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh :

  • Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan,Negara Kesatuan Republik Indonesia dan  mengikuti tatakaram keluarga.
  • Setiap hari berbuat kebaikan.

Ketentuan Moral disebut Dwidarma,selengkapnya berbunyi sbb:

Dwidarma Pramuka Siaga

1.      Siaga berbakti kepada ayah bundanya

2.      Siaga berani dan tidak putus asa.

b)      Kode Kehormatan bagi Pramuka Penggalang terdiri atas:

Janji yang disebuta Trisatya

Ketentuan Moral yang disebut Dasadarma

 

4.      Motto Gerakan Pramuka

Moto merupakan motto tetap dan tunggal,sebagai bagian terpadu proses pendidikan,disosialisasikan baik di dalam maupun di luar Gerakan Pramuka.

 

Motto Grakan Pramuka adalah :

“Satyaku kudarmakan,Darmaku kubaktikan “

 

5.      Kiasan Dasar Kepramukaan.

Penggunaan Kiasan Dasar,adalah sebagai salah satu unsure terpadu dalam Kepramukaan , dimaksudkan untuk mengembangkan imajinasi,sesuai dengan usia dan perkembangannya yang mendorong kreativitas dan keikutsertaandalam kegiatan.Kiasan Dasar tidak hanya menarik,menantang,dan merangsang tetapi harus disesuaikan dengan minat, kebutuhan, situasi dan kondisi anggota mudan dan anggota dewasa muda

 

IV.PENUTUP.

Untuk menyusun kegiatan kepramukaan para Pembina Pramuka hendaknya memahami dengan sungguh-sungguh apa dan bagaimana kepramukaan itu dan memahami pula apa yang diinginkan para peserta didik sehingga akan terjadi proses pendidikan yang menarik dan menyenangkan.

 

 

About mssholhud

i' m a leader on my self View all posts by mssholhud

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: