Khasiat Madu Menurut Al-Qur’an

Bukan rahasia lagi bahwa madu sangat disukai oleh Rasululloh SAW, si kental manis ini tak hanya berkhasiat sebagai penambah citra rasa minuman, namun juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Telah diberitakan melalui Firman Allah SWT dalam (QS. Annahl : 69) “…Dari perut lebah itu kelluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalaamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia…”. Ayat tersebut menjelaskan manfaat madu yang tidak hanya sebagai penambah citra rasa manis bagi makanan, namun juga bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh. Tak heran nabi Muhammad SAW selalu menyarankan ummatnya untuk mengkonsumsi madu, dan…… beberapa istri beliau juga selalu menyediakan madu sebagai jamuan ketika beliau datang. Rosululloh juga mengatakan bahwa madu sangat manjur untuk mengembalikan serta mempertajam daya ingat seseorang.

Menghambat Kanker

Menurut Nabi SAW, Allah telah meletakkan berkah di dalam madu dan menjadikannya sebagai obat dari rasa nyeri dan madu telah didoakan oleh 70 nabi. Dalam sebuah hadist juga dijelaskan Rosul berssabda : “Lima perkara yang dapat menghilangkan lupa, menambah hafalan, dan menghilangkan lender yaitu bersiwak (sikat gigi), puasa, membaca Al-Qur’an, meminum madu dan memakan luban”.

Mengapa madu menyehatkan?? Madu mrupakan gudang gula alami, seperti dekstrosa, yaitu gula alam langsung menyatu dengan darah dan levusa untuk menjaga konsentrasi gula darah atau menjaga agar gula darah tidak melampaui batas yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, dalam madu sarang terdapat banyak sekali kendungan vitamin, asam, mineral, dan enzim yang sangat berguna bagi tubuh sebagai pengobatan secara tradisional, antibody, dan penghambat pertumbuhan sel kanker/tumor. Madu juga mengandung zat yang terkandung dalam asam organic seperti asam glikolat, asam format, asam laktat, asam sitrat, asam asetat, asam oksalat, asam malat, dan asam tartarat. Dari beberapa asam tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan ykni bagi metabolism tubuh diantaranya asam oksalat, asam tartarat, asam laktat, dan asam malat. Bahkan dalam asam laktat terdapat kandungan zat laktobasilin yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker dan tumor.

Antibakteri

Vitamin yang ada dalam kandungan madu, diantaranya : vitamin A, penting bagi pertumbuhan dan perkembangan serta mempertahankan kesehatan tubuh. Juga berkaitan dengan hormone adrenalin dan hormone teroid serta mengatur bekerjanya sel-sel syaraf. Vit C (sebagai suplemen) sangat berguna bagi penyembuhan luka, antioksidan serta kekebalan.

Selain itu madu juga mengandung antibiotika sebagai antibakteri dan antiseptic menjaga luka. Bahkan madu sarang bias dengan cepat menyembuhkan luka bakar akibat tersiram air mendidih atau minyak panas. Madu sarang juga dapat menyembuhkan penyakit jantung, gagal ginjal, lever, hepatitis,  penderita kanker usus, kanker paru2, bronchitis, sinusitis, kelelahan kronis, pusing kronis dan kerja berat, reumatik, osteoporosis, stroke, serta tmbahan menu bagi balita.

About mssholhud

i' m a leader on my self View all posts by mssholhud

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: